Senin, 22 September 2008

Sharing tentang "Creative Teaching Methods" bersama para guru di Semarang part 2


(draf - kata kunci slide presentasi)
Riset menunjukkan bahwa semua gaya belajar menunjukkan bahwa "satu ukuran tidak cocok untuk semuanya."

Kita bisa meneladani kisah-kisa berikut: Seseorang memiliki ciri-ciri demikian
A. Lemah dalam membaca dan berbahasa, hiperaktif, kelas paling rendah/paling lamban dalam kelas bhs inggris
B. Beberapa pelajaran termasuk matematika gagal, terlalu banyak mengkhayal, terlalu lamban
C. Gagal ujian kedokteran, lamban, tapi tekun dan suka bekerja keras
D. Punya masalah dgn daya ingat, sulit meraih meraih kemajuan, peringkat paling rendah di kelas, tidak ada guru yang simpati, ayahnya menganggapnya bodoh

Namun tahukah kita pada akhirnya mereka berkembang menjadi tokoh yang tidak bisa kita duga sebelumnya!

A. adalah WINSTON CHURCHIL

B. adalah ALBERT EINSTEIN
C. adalah LOUIS PASTEUR
D. adalah THOMAS A. EDISON

T. Jefferson mengatakan, " ….Semua orang diciptakan sederajat."
Tuhan telah bersabda, "...Semua orang diciptakan unik dengan talenta yang berbeda-beda."


Tidak ada Riset Pendidikan yang mendukung bahwa hal-hal berikut ini efektif dalam mengajar
1. Mengadopsi buku teks, 2. Memberi tugas membaca satu Bab pada murid, 3. Menjawab pertanyaan di akhir Bab, 4. Waktu paling banyak dihabiskan untuk mengajar di depan kelas, 5. Mengerjakan lembar/buku kerja, 6. Memberikan ujian yang dibatasi waktu dan berdasarkan angka.


Contoh-contoh Latihan Pembuka dalam pembelajaran:
Rutinitas Kreatif, Puisi Bulan Ini, Lagu Kebangsaan, Permintaan Doa, Kelompok
Makan bersama, Kehadiran, dan Tugas.


Strategi Mengajar Kreatif: Lihatlah pokok bahasannya dan pikirkanlah…Bagaimana saya dapat membuatnya hidup dan terus diingat. Apakah metode penyampaian terbaiknya? Rencanakan Kreativitas.


Ketika membuat rencana, tanyalah:Apakah hal-hal pokok yang saya ingin murid-murid ingat? Mengapa saya ingin murid-murid mengingat hal-hal ini? Bagaimana cara terbaik saya untuk menolong murid mengingat hal-hal ini? Apa yang saya ingin murid saya lakukan dengan materi ini? Materi apa yang saya butuhkan? Bagaimana dan untuk tujuan apa saya akan mengevalusi kerja ini? Apa kebenaran atau prinsip Alkitabiah yang telah saya komunikasikan selama pelajaran?


Tingkatan Strategi Mengajar
Awal tahun pelajaran/awal semester: Materi disampaikan dan diterima dalam 3 cara….
Visual: MEMBACA, MENGAMATI, MELIHAT
Auditori: MENDENGAR, MELAFALKAN
Kinestetik: MENGGUNAKAN OTOT, SENTUHAN


Piramida Pembelajaran:
Membaca Verbal 10%
Mendengar Kata-kata 20%
Pembelajaran Pasif 30%
Melihat Slide, Menerima Secara Visual, Melihat Video/DVD 50%
Melihat Contoh, Melihat Demonstrasi, Melihat Sesuatu Terjadi Secara Langsung, Ikut Serta dalam Diskusi 70%
Ambil Bagian, Ikut Berbicara, Bermain Peran, Pembelajaran Aktif, Simulasi Pengalaman yang Sesungguhnya, Melakukan yang Sesungguhnya 90%

Strategi Mengajar Berbasis Penelitian/Observasi:

Antusiasme: Mendapatkan perhatian murid
Kejelasan: Konsep/Prinsip dijelaskan dalam bahasa murid
Organisasi: Cara menyusun kelas agar ada waktu untuk tugas
Jangka waktu: Rata-rata informasi yang dijelaskan/ penggunaan waktu yang efisien
Pemberitahuan: Kriteria penilaian/ jelaskan pada murid apa yang perlu dipelajari

Suara: Terkontrol dan menolong
Relasi: Kualitas relasi interpersonal dengan murid/guru
Relevansi: Buatlah jembatan antara isi pelajaran dan dunia murid
Berpusat pada Pembelajaran: Fokus pada penguasaan murid
Fleksibilitas: Terbuka terhadap perubahan/ Cara-cara alternatif untuk melakukan sesuatu
Kepemimpinan: Meneladankan tingkah laku yang baik, intelektualitas yang sungguh-sungguh, dan menghargai perbedaan

Strategi untuk tiap mata pelajaran: Simulasi, Bermain Peran, Permainan , Penemuan/ Keingintahuan, Melakukan Secara Langsung, Pembelajaran Kooperatif di bawah 12 tahun, Melakukan Secara Langsung, Matematika, Kemampuan Berpikir Logis, Percobaan Ilmiah (SEDERHANA), Seni Bahasa, Membaca

Simulasi: Memecahkan studi kasus, Pengalaman murid….. Misalnya kekurangan, luka batin, penolakan, dsb., Game Komputer, Merencanakan Perjalanan, Mengundang tokoh, Bermain Peran, Menggunakan Topi, Kostum, Simulasi, Improvisasi dialog, Ekspresi, Gesture, Kinesik
Menulis Drama, Permainan, Papan Permainan, Game Computer, Permainan Olahraga, Demo baseball, bola basket, (undian, pelanggaran, penilaian, partisipasi kelompok), Penemuan/ Keingintahuan, Sains, Studi Sosial, Matematika.


Mengajarkan Konsep, bukan fakta-fakta yang terisolasi…bawalah murid kepada tingkat berpikir yang lebih tinggi (meski murid TK/apalagi murid SD)


Metode-metode lain yang dapat digunakan: Percakapan, Teachable moments, Dialog, Bercerita
Visualisasi, Asosiasi, Contoh/bukan contoh


INGAT . . .
JANGAN MEMULAI DENGAN MENAMBAH PERBENDAHARAAN MODEL BELAJAR SAJA,
TAPI MULAILAH DENGAN MENGENALI KEBUTUHAN MURID, GAYA BELAJAR-NYA, DAN CIPTAKANLAH MEDIA YANG COCOK!
LAKUKAN PADA SETIAP PERTEMUAN

Tidak ada komentar: