Senin, 21 Februari 2011

TIAP HARI ADALAH HARI LUAR BIASA


Menciptakan moment Valentine Day setiap hari emang bukan perkara gampang.

Dalam hari-hari penuh kesibukan kerja, masalah kantor yang bejibun, sumpek dengan team work yang tak saling mendukung, atau barangkali kerja yang tak selalu memberi keuntungan finansial; namun masih bisa menyisihkan waktu untuk menciptakan saat-saat mengesankan bagi keluarga, itu adalah hari yang luar biasa! Uang berharga, namun waktu untuk keluarga lebih berharga.

Dalam panik dan cemas karena target kerja tidak tepat sasaran, ragu dan bimbang proyek memberi manfaat bagi banyak orang atau tidak, ketidakyakinan akan efektifnya cara kerja dan sistem tak berjalan baik; masih mampu mendedikasikan kata-kata pendukung untuk istri yang repot dan kerjas keras membehani rumah, dan anak yang sibuk belajar, itu adalah hari yang luar biasa! Ungkapan dukungan tetap diperlukan oleh anggota keluarga dan sahabat meski suasana tak baik sekalipun.

Dalam perasaan kekurangan spirit karena kerja tak juga menghasilkan prestasi dan kondisi lebih mapan, ketidakmampuan meningkatkan etos kerja lebih baik, ketakberdayaan menyaksikan negeri ini masih menyebar tangis di mana-mana, kebimbangan akan kekuatan pluralitas ini masih tertanam atau mulai mati rasa; masih sempat memberi hadiah-hadiah dalam bentuk sederhana untuk anak istri, hmm itu adalah hari luar biasa! Hadiah tetap perlu didedikasikan untuk keluarga tercinta meski situasi paling buruk sekalipun. Kehadiran diri di antara mereka adalah hadiah luar biasa.

Dalam kekurangan dan tak mampu memberikan energi lebih baik, ketidakyakinan meningkatkan kualitas kerja dan hidup menuju level paling baik, terjebak dengan kelemahan diri; namun tetap terlibat dalam pelayanan yang memberi tanpa minta upah, memberi tanpa pamrih, itu adalah hari luar biasa! Melayani selalu lebih baik daripada dilayani.

Dalam tubuh lunglai dan pusing kepala, karena kerja tak ada habisnya, otot tubuh makin menua, energi tak sebesar masa muda; namun masih bisa memberi sentuhan fisik dan sentuhan batin yang erat dan menyamankan anak dan istri, itu adalah hari luar biasa! Sentuhan fisik dan batin tuk anak istri selalu membuat kelegaan berdiri atas berbagai keterbatasan.

Lebih luar biasa lagi, karena hari-hari biasa menjadi luar biasa tatkala Valentine Day dirayakan tanpa menunggu Februari datang, kesenangan diciptakan menjadi kebiasaan dalam ketakberdayaan, kesukaan dimunculkan dalam kereterbatasan, ucapan syukur senantiasa dilahirkan dalam ketidakmampuan, itu baru menjadi hari luar biasa.

Karena tiap hari adalah hari menciptkan saat-saat mengesankan.
Karena tiap hari adalah hari memberi dukungan.
Karena tiap hari adalah hari memberi hadiah-hadiah yang mengejutkan.
Karena tiap hari adalah hari memberikan pelayanan.
Karena tiap hari adalah hari memberi sentuhan yang menyamankan.

Yang luar biasa itu menjadi dibiasakan di hari-hari biasa, meski ini tak biasa dan dan di luar kebiasaan; karena tiap hari adalah hari luar biasa.

Tidak ada komentar: